Baperlitbang Karimun Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Karimun

KICK OFF MEETING RANCANGAN AWAL RPJPD 2025-2045

Tanjung Balai Karimun, 02 November 2023

Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengemangan (Bapperlitbang) melaksanakan Orientasi Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Karimun tahun 2025-2045 sebagai langkah awal penguatan cita-cita Kabupaten Karimun untuk 20 tahun ke depan. Forum ini merupakan rangkaian penyusunan dokumen perencanaan jangka panjang daerah sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017. Dilaksanakan di Ruang Rapat Cempaka Putih , pada hari Kamis (02/11) ini dihadiri oleh Wakil Bupati Karimun yang membuka acara ini secara langsung, perwakilan Bapperlitbang,KPU,BPS,Kecamatan dan seluruh Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Kabupaten Karimun. Dengan menghadirkan Narasumber dari perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau yang dalam hal ini di sampaikan oleh ibu Ibu Yessy Febrianti, SE dan Tenaga Ahli Tim Penyusunan RPJPD Kabupaten Karimun dari Universitas Islam Riau yang di wakili oleh Dr.Rendi Prayuda,S.IP,M.Si.

Kepala Bapperlitbang Kabupaten Karimun Bapak Drs H. FAJAR HARISON ABIDIN, M.Si, dalam sambutanya menyampaikan bahwasanya maksud di selenggarakannya kegiatan Kick Off Meeting dan Orientasi Penyusunan RPJPD Kabupaten Karimun 2025-2045 adalah untuk menyampaikan informasi dan penyamaan pemahaman terkait subtansi, proses dan tahapan penyusunan RPJPD Kabupaten Karimun Tahun 2025-2045, serta menandai di mulainya proses dan tahapan penyusunan RPJPD Kabupaten Karimun Tahun 2025-2045.Sementara itu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan kesamaan persepsi bagi seluruh perangkat daerah dalam menyusun dokumen RPJPD yang sesuai dengan kaidah perencanaan dan regulasi, dan meningkatkan keselarasan arah pembangunan daerah Kabupaten Karimun dengan Pembangunan Provinsi dan Nasional untuk jangka panjang 20 tahun ke depan

Sementara itu Wakil Bupati Karimun dalam sambutannya mengatakan bahwasanya Pelaksanaan RPJPD Kabupaten Karimun sudah melewati 4 (empat) periode yaitu, periode RPJMD Pertama Tahun 2005-2010, Periode RPJMD kedua Tahun 2011-2016, Periode RPJMD ketiga Tahun 2016-2021, dan saat ini Periode RPJMD keempat Tahun 2021-2026. Berdasarkan capaian yang telah kita lakukan selama 18 tahun, dalam kesempatan baik ini, saya akan menyampaikan beberapa hal terkait penyusunan RPJPD Kabupaten Karimun 2025-2045.Pertama, kita semua harus memahami apa itu Visi Indonesia Emas 2045, yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan. Visi Indonesia Emas merupakan cita-cita bersama bangsa Indonesia, dimana pada tahun 2045 Indonesia menjadi negara yang maju dan berdaulat. Kedua, Indonesia Emas tidak bisa hadir otomatis, tapi harus direncanakan dengan baik, butuh fokus yang sama, butuh panduan, butuh haluan, sehingga RPJPN dan RPJPD Provinsi serta RPJPD Kab/Kota menjadi pedoman bersama dalam perencanaan Pembangunan kedepannya. Ketiga, Penyusunan RPJPD ini agar berpedoman pada Permendagri Nomor 86 tahun 2017 dan aturan-aturan lain yang relevan untuk dijadikan rujukan. Serta ketepatan waktu dalam  penyusunan RPJPD 2025-2045 yang menjadi pedoman untuk penyusunan visi dan misi Calon Kepala Daerah yang ikut dalam pilkada pada tahun 2024 dan merupakan bahan utama dalam penyusunan RPJMD Teknokratik 2025-2030. Keempat, Penyusunan Isu Strategis Daerah, Visi dan Misi Daerah Jangka Panjang harus melibatkan multipihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, pihak swasta atau lembaga usaha, akademisi dan media, serta harus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau agar terjadi sinkronisasi perencanaan pembangunan. Kelima, dalam penyusunan RPJPD ini diharapkan tim penyusun untuk lebih memperhatikan potensi, peluang dan hasil evaluasi dokumen perencanaan pembangunan sebelumnya, serta mempertimbangkan arah pembangunan Nasional dan Provinsi guna mendukung capaian pembangunan nasional, provinsi maupun kabupaten, serta memperhatikan tahapan proses penyusunan RPJPD agar penetapan RPJPD tepat waktu dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *